Menu Close

Raditya Oloan, Suami Artis Joanna Alexandra Meninggal Dunia

“Saya enggak akan mengikuti tren ikoyikoyan. saya tidak mau mengajarkan untuk follower saya menjadi orang minta-minta yah ,” pungkas Chelsea Olivia. “Yuk Indonesia bikin tren yang baik jangan malah hal memalukan dibikin viral.” “Aku lebih memilih untuk terus mendorong kalian untuk selalu berusaha dan berusaha tanpa mengharapkan bantuan free of charge dari orang yang kita enggak kenal,” tulis Nana Mirdad.

“Rachel, dan mungkin sekalian ngomong ke temen-temen lain yang ditagihin followersnya untuk ikoy-ikoyan, gue minta maaf ya.” ujar Arief melalui instagram story, Senin (2/8). “Ayo, masyarakat Indonesia jangan punya psychological minta ini minta itu ke orang, dilatih untuk kerja keras dan punya semangat yang gigih untuk bisa dapatin yang kita mau. Kalian pasti bisa,” tutur Nana. Awalnya, Arief meminta para pengikutnya untuk mengikuti akun bisnisnya. Setelah itu, ia membebaskan mereka untuk mengungkapkan permintaan apa saja. Arief kemudian memilih siapa netizen yang beruntung mendapat kiriman uang tunai, makanan, atau apapun itu. Kakak dari aktris Naysila Mirdad mengatakan bahwa tren ikoy-ikoyan justru memperburuk psychological bangsa karena tidak segan meminta kepada orang lain bahkan yang tidak dikenal.

Ikoy-ikoy bersalah dari nama panggilan karyawan Arief yang bernama Rizki Fadillah. Dari sekian banyak yang meminta, Nafa Urbach pun akhirnya memilih salah satu netizen. Lebih lanjut dalam keterangannya, Nana Mirdad pun menyebutkan tren tersebut bisa saja merusak psychological bangsa. Makin banyak netter yang tertarik, artis cantik Nafa Urbach jadi salah satu ‘sasaran’ mereka. Beberapa orang menilai aksi tersebut justru membuat mental orang menjadi miskin karena harus meminta-minta.

“Lo juga harus ngerti kalo orang kesel, lo bayangin orang dengan followers banyak terus isi DM sama isi komennya ikoy ikoy kan nyebelin,” tandasnya. Chelsea Olivia terang-terangan menolak tantangan ini dengan alasan tak mau membuat para pengikutnya minta-minta uang. Lutfi Agizal turut memberikan pendapat tentang tren ikoy-ikoyan yang diciptakan oleh Arief Muhammad. Ia menyebutkan bahwa fenomena ini bisa merusak psychological orang Indonesia dengan memberikan alasan cerita pilu yang dibagikan di media sosial. Chelsea Olivia menolak tren ikoy-ikoyan yang diciptakan oleh Arief Muhammad. Chelsea menanggapi bahwa tren ini adalah tren yang memalukan karena mengajarkan pengikutnya untuk jadi peminta-minta.

“Di sini enggak pernah nyuruh orang untuk nagih ke artis/influencer favoritnya. Isitlah ikoy-ikoy menjadi trending, sehingga netizen menyerbu instagram Arief. Waktu berjalan, serbuan meluas ke selebgram dan selebriti lain.

Mengapa banyak artis yang menolak ikoy-ikoy

Ia merasa perlu menyuarakan kegelisahan masyarakat atas tayangan sinetron yang dianggap memasarkan soal pernikahan dini dan eksploitasi seksual pada anak itu. Prestasinya dalam dunia musik cukup mengagumkan dan menginspirasi. Ia pernah mengikuti International Young Composers Bola Online Meeting 2018 ke-24. Yang diselenggarakan orkest de ereprijs, Gaudeamus Foundation dan Podium Gigant Apeldoorn, di Belanda. Kariernya terus berkembang hingga ia memiliki sebuah label dengan namanya sendiri, Harry Halim Paris dan berhasil eksis hingga saat ini.

Kakek tersebut terlihat meronta hingga akhirnya dipegangi sejumlah petugas. Arief menyampaikan permintaan maaf usai Rachel Vennya menyentil perihal tren tersebut di Insta Story-nya. Sejalan dengan pemikiran Nana Mirdad serta Chelsea Olivia, Niki juga menilai tren ini bisa menimbulkan mental seperti pengemis. Meskipun ikoy-ikoy adalah sarana untuk berbagi rezeki, namun banyak juga masyarakat maupun kalangan artis yang merasa risih dengan adanya tren baru tersebut.

Nana lebih memilih untuk terus mendorong penggemar agar memiliki sikap berusaha tanpa mengharapkan banyak bantuan gratis dari orang yang tidak dikenal. Nana Mirdad mengatakan bahwa ia mendapat pesan dari warganet dengan ratusan permintaan dari mereka. Nana pun mengungkapkan bahwa tiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk memberi. Ia juga memilih untuk berusaha tanpa mengharapkan bantuan gratis dari orang yang tidak dikenal. Banyaknya selebriti dan influencer yang terganggu dengan tren ikoy ikoy, Arief Muhammad pun meminta maaf. Ia juga menyebut jika hal tersebut tidak dijadikan beban dan tak pernah menyuruh orang untuk menagih kepada artis atau influencer.