Menu Close

Fenomena Ikoy

Arti nama Ikoy kalau dicari di KBBI ya tidak ada, tapi ini ada asal usulnya. Lewat unggahan Instagram Story, aktris berusia 35 tahun tersebut mengeluarkan unek-uneknya soal tren ikoy-ikoyan. Pembelajaran sosial terjadi Tembak Ikan Terpercaya ketika orang melihat ada perilaku yang menguntungkan sehingga ada tendensi untuk melakukan hal serupa agar mendapatkan keuntungan yang sama. Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda.

Kepopuleran ikoy-ikoyan itu sampai membuat rekan bisnis Arief Muhammad tertarik dan bersedia menjadi sponsor dengan memberi uang sejumlah ratusan juta. Nikita beranggapan jika tren tersebut sebenarnya hanya untuk menaikkan jumlah followers. Nikita pun meminta netizen untuk tak terlena dengan hal-hal yang berbau seperti giveaway. Nikita juga beranggapan jika aksi berbagi seharusnya tak digembar-gemborkan ke publik. Dalam unggahan yang lain, Nikita Mirzani juga sempat menyindir Arief Muhammad.

Siapa pencetus Ikoy-ikoy

Sosok Arief Muhammad juga memiliki kisah perjalanan hidup yang tidak kalah seru dan memotivasi kaum muda. Lagu terbaru mereka Dynamite bahkan sempat nangkring di puncah chart Billboard dunia selama dua pekan. Namun, kalau hal baik ini dilakukan sebatas untuk konten, apa, ya nggak eman-eman?

Awalnya, Nafa Urbach tidak begitu paham apa itu ikoy-ikoy sebelum ada followers-nya yang menjelaskan pada doi tentang tren tersebut. Selebgram sekaligus YouTuber Arief Muhammad menjadi trending topic pada Minggu, 1 Agustus 2021 karena tren ikoy-ikoyannya. Puluhan ribudirect message masuk ke dalam Instagram Arief berharap mendapat ‘uang kaget’ dari suami dari Tiara Pangestika itu. Mengetahui bahwa tren ini menyebar ke influencer dan artis yang lain membuat Arief merasa segan.

“Bangga banget sama @greyspolii dan @r.apriyanig, ganda putri PERTAMA dari Indonesia yang bisa tembus ke Olympic last,” tulis Arie Muhammad dinstagram @ariefmuhammad. Sebelumnya, lewat Instagram Story, Arief akan meminta Rizqi untuk mengirim sejumlah uang kepada followers yang beruntung. Arief Muhammad kembali menghebohkan jagad maya dengan aksi berbaginya yang dikenal dengan tren ikoy-ikoyan. Sejumlah nominal uang selanjutnya akan di switch oleh Arief Muhammad, sesuai dengan kebutuhan dari warganet yang dia pilih. Bermula dari aksi berbagi Arief Muhammad kini development Ikoy Ikoy menjelma jadi sesuatu yang baru di Instagram. Bahkan ia dan komunitas mahasiswa di kotanya, Palembang, mengadakan bagi-bagi besar untuk masyarakat di sekitar.