Menu Close

Adaptasi Kebiasaan Baru New Regular Kabupaten Gunungkidul

Berlaku untuk semua zona pada Fase 1; semua zona pada Fase II; dan zona merah serta oranye pada Fase III. Sebenarnya kebijakan yang diambil pemerintah yang memilih opsi penerapan PSBB sudah keliru sejak awal, sehingga istilah konsep new normal ini terkesan membuat diksi baru dan basa-basi dalam penanggulangan Covid-19. Kebijakan PSBB ini juga berbanding terbalik dengan kebijakan pelarangan mudik yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Kedua, memaksa masyarakat untuk menerapkan gaya hidup stay at house atau di rumah aja. Pada akhirnya, mobilitas akan menurun drastis, masyarakat juga akan diminta selalu menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah. Belanja keperluan sehari-hari akan bergantung pada aplikasi atau on-line.

Mengatur asupan nutrisi makanan yang diberikan oleh tempat kerja, pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, dan sebagainya untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Bagi sistem kerjashift, diminta untuk meniadakanshift3, yakni waktu kerja yang dimulai pada malam hingga pagi hari, jika memungkinkan. Gubernur Ganjar Pranowo meminta seluruh puskesmas di Provinsi Jawa Tengah tetap memberikan pelayanan imunisasi ibu hamil dan balita saat pandemi COVID-19.

3) Tetap menerapkan pemeriksaan suhu tubuh wajib di semua area tertutup dan semi-tertutup dan jika mungkin, termasuk space terbuka di lokasi di mana dua orang atau lebih akan akan berkumpul. Penggunaan web site ini dan isinya disediakan untuk kenyamanan Anda. Mohon disadari bahwa PermataBank tidak bertanggung jawab untuk praktek privasi dari situs lainnya. PermataBank sangat menganjurkan kepada para pengguna web site PermataBank untuk membaca pernyataan privasi dari setiap situs yang mengumpulkan informasi pribadi. Pernyataan privasi pada web site ini hanya berlaku sepenuhnya untuk informasi yang dikumpulkan oleh web site ini saja.

Pelaksanaan strategi penanganan Covid-19 memerlukan dukungan dari segala pihak, termasuk dunia usaha. Koordinasi antara pemerintah dan dunia usaha akan membantu terbentuknya kondisi new normal melalui pelaksanaan protokol kesehatan di masing-masing bidang usaha. “Kondisi new normal menuntut kesiapan protokol umum dan khusus/sektoral. Protokol umum dilakukan dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan berkala, menyiapkan hand sanitizer, dan memberi asupan vitamin secara rutin. Protokol umum berlaku untuk seluruh masyarakat, sementara protokol khusus/sektoral menyesuaikan dengan jenis dan karakteristik industri,” ungkap Menko Airlangga.

Peraturan baru dalam masa new normal

TRIBUNNEWS.COM – Berikut aturan baru syarat-syarat bepergian ke luar kota/wilayah di masa new regular di tengah pandemi Covid-19. Berikut aturan baru syarat-syarat bepergian ke luar kota/wilayah di masa new regular di tengah pandemi Covid-19. Pengendalian ini juga harus bisa dilakukan di tempat yang memiliki kerentanan tinggi misal panti jompo, fasilitas kesehatan mental, dan wilayah dengan banyak penduduk. Langkah pengendalian dengan pencegahan juga harus diterapkan di tempat kerja. Menurutnya, UU yang direvisi tersebut nantinya akan menetapkan istilah yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Selain itu, cari pula informasi terkait syarat dan ketentuan yang harus disiapkan jika ke daerah yang dituju. Aturan perjalanan lintas wilayah di era new regular ditetapkan melalui terbitnya Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adapatasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. Seperti diketahui, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengakui bahwa istilah new normal yang sering digunakan selama pandemi Covid-19 adalah diksi yang salah. Yuri mengatakan pemerintah menggunakan istilah adaptasi kebiasaan baru. Dia mengakui, istilah new normal dan lockdown memang tak sesuai dengan undang-undang .

Masyarakat diharapkan mengikuti aturan tersebut dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. New Normal sendiri diberlakukan dengan kesadaran penuh bahwa wabah masih ada disekitar kita, untuk itu aktifitas ekonomi/publik dibolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Jika dikaitkan dengan pandemi,regular baru merupakan situasi atau keadaan dimana kita melakukan aktivitas normal sehari-hari tetapi dengan pola dan prilaku yang mengacu pada tatanan baru yang disebabkan oleh virus Covid-19. Penyesuaian sistem kerja ASN masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja yang berlaku. Namun untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi, perlu dilakukan penyesuaian sistem kerja dengan menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian. New normal adalah perubahan perilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Sehingga benar-benar menjawab kebutuhan daerah tersebut,” ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjawab wartawan usai mengikuti Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sumut, di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (16/6). Pengkajian diharapkan agar disesuaikan dengan kondisi Covid-19 di wilayah masing-masing. Termasuk salah satunya mempertimbangkan zona warna daerah, baik merah, kuning, oranye atau hijau. Namun, perjalanan ke luar wilayah atau kota itu tetap harus mengantongi sejumlah syarat.

Pimpinan atau pemberi kerja memberikan kebijakan dan prosedur untuk pekerja melaporkan setiap ada kasus dicurigai Covid-19 (gejala demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak napas) untuk dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan. Kabupaten Majalengka merupakan salah satu daerah dari 15 kota dan kabupaten di Provinsi Jabar yang masuk stage dua atau zona biru, namun tetap lanjutkan PSBB. Pedoman yang dikeluarkan mencakup semua bidang seperti sekolah, tempat kerja, ruang publik hingga pusat keramaian seperti pasar, mal, dan pertokoan. PermataBank akan senantiasa berupaya untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda dan melindunginya terhadap manipulasi, pemalsuan, akses dan pengungkapan yang tidak bertanggungjawab. PermataBank juga akan berupaya agar informasi itu tetap akurat. Bila mengakses web site Link Kong4D PermataBank, mungkin saja Anda akan mendapatkan informasi dalam bentuk “cookie” pada komputer Anda, sehingga PermataBank dapat mengenali Anda bila Anda mengunjungi lagi website PermataBank dikemudian hari.