Menu Close

6 Cara Agar Anak Mau Makan Sayur

Sedangkan untuk anak; nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayuran sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhannya. Namun demikian, banyak anak yang tidak menyukai untuk memakan buah ataupun sayuran; terutama jika buah dan sayuran yang dilihatnya nampak asing dan tidak dikenal dengan baik. Buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi, serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh baik pada dewasa maupun anak-anak. Sayuran dan buah-buahan menyediakan vitamin penting seperti vitamin C dan asam folat.

Cara agar anak mau mengkonsumsi sayur

Muatan video mengandung disinformasi dengan keterkaitan yang salah lantaran rekaman asli tidak mendukung konten yang disampaikan. Cara ini sangat efektif diterapkan untuk anak yang suka ngemil. Selain itu, kamu juga bisa membuat omelet dengan isian asparagus, bayam, jamur dan brokoli.

Jangan lupa untuk membuat teksturnya benar-benar halus dan buang kulitnya sebelum diberikan kepada anak. Ketika anak sering melihat orang tuanya makan sayur dan buah, maka mereka akan menganggap hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan. Jika sudah demikian, maka keinginan anak untuk ikut makan sayur dan buah pun meningkat. Cara-cara ini dirangkum dari Healthychildren dan Lizshealthytable.com. Kamu juga bisa memotong kentang dan wortel menggunakan cetakan khusus dengan bentuk yang lucu.

Jika anak melihat temannya mengonsumsi sayuran maka ia akan termotivasi. Namun, pastikan anda jangan membanding-bandingkan anak anda dengan temannya. Saat menyajikan sayuran untuk si kecil anda dapat membiarkannya untuk mengonsumsi sayuran sesuai dengan kemampuannya sendiri. Jika anak sudah mulai terbiasa dengan rasa sayuran maka Slot Game Online anak akan mengonsumsi sesuai dengan selera. Makanan pendamping ASI dalam kemasan biasanya tidak terlalu banyak mengandung sayur dan rasa sayurnya kurang kuat. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika anda membuat makanan pendamping ASI untuk si kecil sendiri di rumah dengan mengkombinasikan variasi sayuran dalam setiap harinya.

Dengan begitu anak akan lebih bersemangat mengonsumsi sayuran. Mengkombinasikan sayuran dengan makanan yang disukai si kecil menjadi ide yang cerdas. Anak anda tidak mau memakan sayur, namun jika dipadukan dengan makanan favoritnya ia mungkin akan memakannya. Contohnya anda dapat menaburkan sayuran di atas pizza kesukaan si kecil. Atau membuat sop aneka sayuran dengan tamabahan bahan makanan kesukaan si kecil.

Sehingga dengan begitu si kecil akan terbiasa mengenal rasa dari sayuran serta teksturnya sejak dini. Ketika si kecil tumbuh besar maka ia akan terbiasa mengonsumsi aneka jenis sayuran. Selain itu, anda bisa mencoba ide baru dengan menyajikan makanan seunik mungkin. Anda bisa menyajikan sayuran dengan mengkreasikannya dengan bentuk yang unik seperti bentuk hewan, bunga atau tokoh kartun kesukaan anak.

Selain itu, biarkan ia memilih sayuran sesuai yang diinginkannya. Setelah itu, biarkan si kecil mengenali sayuran yang dipilihnya, mulai dari bentuk, nama sayuran, warna dan teksturnya. Anak yang kurang mengonsumsi sayur atau tidak suka sayur beresiko mengalami kelebihan berat badan. Sayuran memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat memberikan air dan serat yang lebih banyak namun dengan kandungan kalori yang sedikit. Efeknya si kecil akan merasakan kenyang dalam waktu yang lebih lama namun dengan kalori sedikit yang masuk ke dalam tubuhnya.