Menu Close

Kisah Mbah Karsiman Yang Hidup Seorang Diri, Tapi Saat Meninggal Dunia Bikin Bahagia Warga Satu Kampung

Salah satunya adalah pencapaian akreditasi A yang didapatkan Prodi Bahasa Jepang, prestasi mahasiswa yang meningkat, dan peningkatan standing jurnal terindeks scopus. Aris Munandar SSos MM berharap, International Symposium on Indonesian Politics tahun 2020 dapat menjadi sarana pertukaran ilmu pengetahuan yang bermuara pada terciptanya iklim akademik yang lebih baik. Ketua panitia Prof Dr Tri Joko Rahardjo MPd melaporkan kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk mensosialisasikan program MP seluruh Indonesia dan diikuti oleh 500 peserta dari seluruh Indonesia. Selain itu, Prof Dr Agus Nuryatin juga menyampaikan kegiatan Seminar NAsional ini membuktikan bahwa civitas akademika dan alumni pascasarjana memiliki kepedulian terhadap pendidikan di masa Pandemi Covid-19. “Tenaga pendidik di lingkungan FIS UNNES senantiasa didorong untuk terus berkembang sejalan dengan program universitas yang berkomitmen penuh mewujudkan SDM yang unggul,” pungkasnya. Dalam kesempatan itu, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan UNNES telah siap bersanding dengan universitas terbaik lainnya di dunia.

Viral live di tik-tok menghitung beras

Tak hanya itu, Data Scientist juga dituntut dapat mengkomunikasikan hasil olahan data dengan kreatif. Melalui course ini, diharapakan mahasiswa dapat menjadi teknopreneur muda berwawasan lingkungan dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Prof Fathur menambahkan, penyembelihan hewan kurban di UNNES juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semoga dengan peraihan juara ini bisa memicu mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk terus meningkatkan prestasinya. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum memberikan apresiasi dan dorongan kepada mahasiswa untuk selalu mengembangkan iptek dan terus berprestasi pada even-even gelaran nasional maupun internasional.

Kedepan tantangan belajar akan sangat komplek, kemajuan teknologi dan perubahan sistem sosial sangat cepat. Untuk itu perguruan tinggi harus menyiapkan kompetensi untuk membuka peluang sebesar-besarnya bagi mahasiswa. Bagi UNNES, pelaksanaan kerjasama kemitraan baik ditingkat nasional maupun internasional menjadi langkah nyata dalam menegaskan jati diri sebagai kampus bereputasi Internasional. Kedepan, UNNES akan terus meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama antar lembaga yang diharapkan mampu berdampak bagi pembangunan sumber daya unggul di kampus UNNES dan menjadi sumbangsih bagi masyarakat. Profesor Sosiolinguistik tersebut berharap, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini menjadi momentum yang tepat untuk terus meningkatkan semangat kerja bersama yang berlandaskan Pancasila guna mewujudkan UNNES yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Sebagai wujud nyata dan dukungan penuh terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, UNNES akan terus mempertahankan Pendidikan Pancasila sebagai mata kuliah untuk mendukung pembangunan karakter mahasiswa.

“Di tengah Pandemi Covid-19 ini UNNES menyelenggarakan sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN berbeda dari tahun sebelumnya. Sosialiasasi ini penting dilakukan untuk memberikan informasi seputar penerimaan mahasiswa baru pada tahun 202,” pungkas Burhanudin. Rektor UNNES dalam sambutannya menyampaikan pergantian pimpinan ini merupakan bagian dari upaya UNNES untuk menciptakan tata kelola lembaga yang sehat. Selain itu, Rektor berharap semua anggota Senat dapat memberikan dukungannya dan bekerjasama untuk pengembangan akselerasi akademik UNNES.

Mulai dari mempersiapkan bahan ajar berbasis digital, media pembelajaran berbasis digital, hingga evaluasi dan penilaian yang juga berbasis digital. Tak hanya itu, guru juga harus memastikan bahwa siswa dapat dengan mudah mengakses bahan ajar dan media evaluasi penilaian yang telah dipersiapkan. Sementara itu, Zaenal Abidin MCs PhD Lecturer and Researcher UNNES menekankan keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa untuk menguasai information scients yakni menguasi data Scientist, data Engineer dan knowledge Analyst. Dalam paparannya Panggih Kusuma Ningrum SH MSc Platform Growth Analyst and Researcher mengatakan profesi sebagai praktisi data seperti Data Scientist merupakan profesi terseksi untuk sekarang ini. Namun di Indonesia sendiri tenaga praktisi information masih kurang.Untuk itu ini merupakan peluang besar bagi mahasiswa.

“Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi keluarga besar UNNES karena mendapat kesempatan untuk terlibat dalam pembukaan Galeri Kebudayaan Indonesia di Universitas Hassan I di Maroko. Bagi UNNES, keterlibatan dalam acara ini merupakan kontribusi konkret UNNES dalam implementasi nilai-nilai konservasi yang menjadi visi UNNES,” ucap Prof Fathur. Dekan Fakultas Ekonomi UNNES tersebut menyerukan Pemerintah Indonesia melalui Kemenkop UKM dan berbagai pihak untuk melakukan strategic alliance dalam rangka mengembalikan peran UMKM dan mendukung perekonomian Indonesia.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 UNNES dr Dr Yuni Wijiyanti MKes menyampaikan vaksinasi yang digelar UNNES diselenggarakan selama sepuluh hari dengan goal mahasiswa dan masyarakat sekitar UNNES dengan estimasi jumlah pemberian vaksinasi sebanyak 8000. 10 hari berikutnya mulai Senin, 19 Juli 2021 seterusnya dengan kuota sekitar 500 vaksin per hari. “UNNES akan terus berusaha memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi untuk civitas akademika UNNES dan masyarakat sekitar. Melalui kegiatan vaksinasi ini UNNES mendukung program pemerintah dalam penanggulangan dan pencegahan covid-19 melalui pemberian vaksin,” tutur Prof Fathur Rokhman. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr S Martono Msi menyampaikan UNNES akan terus berusaha memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi untuk civitas akademika UNNES dan masyarakat sekitar.

“Saya sangat mengapresiasi langkah mahasiswa FH UNNES yang membuat terobosan luar biasa dengan menggandeng IKA Lemhanas Jateng dalam rangka memberikan pelayanan untuk masyarakat dan untuk Bangsa Indonesia ini,” ujarnya. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FH UNNES Tri Sulistiyono juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas terobosan yang dilakukan mahasiswa FH UNNES dengan menjalin kerja sama dengan IKA Lemhanas Jateng. Kristyanto menyampaikan, Pemkab mengharapkan peran Universitas dalam pengembangan Sistem Informasi. Sementara itu, Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan perjanjian kerjasama bertujuan untuk memfasilitasi para mahasiswa, membantu aspek praktis/skill dan sebagainya sehingga ada link Bola Online and match antara teori dengan praktek.

Senin (30/11) tujuh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang yang tergabung dalam Tim CRC Mesin UNNES berhasil meraih juara three dengan mempresentasikan desain mobil Warak Reborn. Kegiatan ini perlu dioptimalkan untuk mendukung kegiatan akademik dosen dan mahasiswa, baik untuk kegiatan penelitian, magang, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. “UNNES berhasil menempati peringkat ke 7 pada PIMNAS, peringkat 2 pada Peksiminas, dan meraih beberapa juara pada KBMI. Terima kasih juga kepada para dosen yang selalu membimbing dan tak kenal lelah memotivasi mahasiswa. UNNES akan terus mendorong Prestasi mahasiswa untuk bersanding dan bersaing dikancah nasional dan worldwide. Selain itu, UNNES juga akan menyelenggarakan program prioritas Kemendikbud yakni Merdeka Belajar; kampus merdeka dengan eight IKU, profil pelajar pancasila, tata kelola sehat denga partisipatif, transparan, dan akuntabel.