Menu Close

Eight Cara Kreatif Agar Anak Mau Memakan Lebih Banyak Sayuran

Sajikan sayur dan buah dalam bentuk yang unik, misalnya seperti tokoh kartun favorit anak seperti indignant fowl atau elmo. Tidak hanya dalam makanan padat, kamu juga bisa mengenalkan berbagai sayuran melalui minuman. Campur wortel, tomat, atau timun dalam jus atau smoothies yang sudah ditambah es agar lebih menyegarkan. Jika aromanya agak ‘langu’ campur dengan buah yang memiliki rasa kuat, seperti stroberi atau jeruk. Anak usia 4-8 tahun perlu mengonsumsi 2 hingga four porsi sayuran setiap hari. Diet nabati dapat mengatasi masalah kulit yang umum, seperti eksim dan jerawat.

Untuk dapat membuat anak mau memakan sayuran, kamu dapat membuat tampilan yang unik pada sayuran yang akan diberikan kepada anak. Ketika buah hati sedang sembelit, hindari mengkonsumsi yoghurt, keju, pisang, wortel dan nasi untuk sementara. Bayam tak hanya bisa diolah menjadi sayur berkuah maupun tumisan, tapi juga keripik yang kriuk! Yuk, intip resep masakan praktis dan enak, Keripik Bayam Kriuk, untuk teman makan nasi maupun camilan keluarga saat nonton television.

Maka dari itu, akali masalah ini dengan menyajikan sayur semenarik mungkin. Selain menjadi pelajaran yang berguna, aktivitas memasak juga dapat menjadi waktu menjalin ikatan kebersamaan yang lebih dekat bersama anak. Mulai dengan memberikan mereka porsi minim KKG628 Slot dibandingkan dengan sayuran atau makanan favorit mereka. Catharine mengatakan hal-hal yang terjadi di masa kecil akan terbawa oleh anak di masa depan, bahkan hingga dia dewasa. Selain itu, anak dapat belajar memasak dan mengerti keadaan dapur lebih dini.

Pasalnya, rasa sayuran tidak seenak daging, ayam, ataupun buah. Padahal, pada masa pertumbuhannya anak sangat membutuhkan konsumsi sayuran. Cara terakhir agar anak mau makan sayur adalah dengan memberinya contoh.

Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan sempurna adalah harapan setiap orangtua. Tak heran jika untuk mewujudkannya anak diberi makanan yang mengandung cukup gizi dan vitamin. Dia mendorong orang tua untuk mencegah penyakit akibat kelebihan gizi pada anak sejak dini. Di antaranya, konsultasi kesehatan, pendidikan seputar makanan, kelas kuliner, dan olahraga. Sesuatu yang salah kaprah yang dilakukan orang tua dengan memaksa si Kecil konsumsi makanan yang ia tidak suka menjadi suka. Paksaan tersebut akan menimbulkan pengalaman negative bagi si kecil.

Misalnya nih, bikin es buah, puding susu, penganan berbahan dasar ubi, jus, atau bahkan smoothies. Hal ini wajar saja karena setiap anak memiliki kemampuan berbeda untuk mengidentifikasi rasa. Pasti butuh ketelatenan supaya anak mau untuk mencoba buah dan sayur. Misalnya, berikan rentang antara 7-10 hari untuk mengenalkan satu buah pada anak-anak atau bahkan bisa butuh waktu lebih dari sepuluh kali untuk mengenalkan satu jenis buahatau sayur. Kreasi Anda dalam menyajikan buah dan sayur juga termasuk jurus yang bisa membuat si kecil menyukai buah dan sayur. Kreasi unik dari buah-buahan sebenarnya termasuk beragam dan bermacam-macam rupa.

Jangan membuat suasana makan jadi penuh paksaan ketika sudah berurusan dengan sayur untuk anak. Jangan sampai optimisme Anda hancur lebur dengan bayangan mereka akan menolak sayur yang ditawarkan. Sajikan buah dengan potongan unik agar bisa menarik perhatian anak. 5/ Ajak anak untuk memilih sayuran ketika berbelanja dan memasak bersama. Dari sini persepsi anak akan mulai berubah bahwa rupanya buah-buahan tidak ’semengerikan’ yang dia bayangkan selama ini.

Cara agar anak mau mengkonsumsi sayur

Psikolog Arizona State University Elizabeth Capaldi-Phillips dan timnya telah mensurvei orang tua dari 29 anak berusia 3-5 tahun. Untuk ada yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan cemilan anak, smoothies bisa jadi solusinya. Karena cara membuatnya hanya dengan mencampurkan semua bahan ke dalam blender. Anda bisa mencampurkannya dengan kombinasi 2-4 bahan lainnya dari buah maupun sayuran. Hmm ini juga trik jitu untuk menyembunyikan keberadaan sayur bagi anak yang susah makan sayur.

Pendidikan makan sehat harus diberikan sejak dini,” ungkap Jowynna. Terkadang lebih tertarik dengan konsumsi makanan jika mereka mempersiapkan makanan tersebut. Setelah melihat-lihat sayurannya, silahkan berikan kesempatan anak untuk memilih sayur yang dia inginkan. Lalu mengajar untuk menanam sayur-sayuran dan buah-buahan sendiri. Setelah itu, bisa ajak si kecil ke daput untuk mempesiapkan masakan. Akan ada rasa bangga dari dirinya setelah bekerja sama dengan ibunya sendiri kan.